Thursday, January 17, 2013

Tags





Lima puluh empat persen responden yang mengikuti survei Ponemon Institute mengakui bahwa mereka telah kehilangan informasi rahasianya.

Dari jumlah tersebut, sebagian bahkan merasa adanya pelanggaran terhadap kebijakan kerahasiaan perusahaan karena media sosial. Setidaknya sebanyak 52% responden telah melihat adanya peningkatan seranganmalware melalui media sosial .

Tak heran memang jika media sosial dijadikan lahan subur, mengingat banyak settingpengamanan yang lemah kerap dijumpai di sana.


Penjahat maya biasanya mengecek profil kita, posting, dan update status untuk menyerang korbannya. Beberapa penjahat dunia maya bahkan lebih suka menggunakan situs jejaring sosial populer untuk menjalankan penipuan, termasuk cross-site scripting, clickjacking, dan pencurian identitas.

Salah satu trik yang kerap digunakan penjahat cyber untuk menangkap korbannya adalah dengan cara memperpendek URL. Korban yang kurang teliti tentu akan langsung mengeklik link tersebut tanpa menelusuri lebih dahulu kebenarannya.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini beberapa tips dari Symantec yang dapat digunakan para pengguna jejaring sosial.
Atur setting privasi seketat mungkin.

Mengatur pilihan privasi pada tingkat tertinggi. Jangan menambahkan orang yang tidak anda kenal ke daftar teman.

Pilih password yang kuat dan menjaga mereka aman. Pilih password yang tidak mudah ditebak.Jangan menggunakan password yang sama untuk setiap layanan online. Ubah password secara teratur, setidaknya setiap 90 hari.

Tetap meng-update browser dan sistem operasi. Gunakan perangkat lunak keamanan, seperti NortonInternet Security 2012 atau Norton 360 V6.0 untuk melindungi diri dari pencurian identitas,memberikan pengalaman browsing lebih aman dan serangan virus. Selain itu, anda juga dapat menggunakan perangkat gratis dari Norton yaitu Norton Safe Web untuk Facebook yang memindaidinding user untuk semua link HTML dan memberitahu user jika ada link berbahaya.

Hati-hati ketika mengeklik link dari pengirim yang tidak dikenal. Selain itu, ketika mengklik kewebsite, terbiasalah untuk selalu melihat apa yang muncul pada baris alamat website tersebut.

Nah, jika di dunia nyata Anda memilih mengunci pintu dan jendela rumah agar aman, demikian halnya dengan dunia maya. Jadi, berpikirlah sebelum Anda klik link tak dikenal.