Thursday, October 27, 2016

Vonis Jessica

Foto tribun-medan


Kasus meninggalnya Mirna hingga hari tulisan ini dibuat masih menjadi misteri. Publik masih menunggu apa vonis hakim terhadap Jessica Kumala Wongso. Publik menunggu apakah Vonis bebas sesuai permintaan kuasa hukum Jessica atau vonis berat dengan minimal hukuman penjara 20 tahun yang akan diputuskan oleh majelis hakim.

Vonis sebelum pengadilan


Sebelum pengadilan mengenai kasus 'kopi vietnam' diselenggarakan kebanyakan masyarakat sudah memvonis bahwa Jessica-lah yang meracuni Mirna. Ini berdasarkan pengamatan sederhana saya. Sebagaimana kasus-kasus hukum yang lain, vonis yang dijatuhkan oleh publik kepada seseorang diputuskan dalam waktu sangat singkat oleh publik. Berbekal potongan-potongan informasi yang ditampilkan di layar televisi, publik memvonis dan beberapa di antaranya membuat meme tentang Jessica.

Berkenaan dengan kasus ini saya jadi ingat tentang kasus hukum yang pernah terjadi di zaman Rasulullah Muhammad SAW. Detail kisahnya terus terang saya tidak hafal. Namun pesannya cukup jelas, tidak boleh mengolok-olok pelaku kejahatan. Sekali lagi tidak boleh mengolok-olok pelaku kejahatan. Jika pelaku kejahatan yang jelas-jelas bersalah saja tidak boleh diolok-olok apalagi terhadap seseorang yang baru diduga berbuat jahat. Dengan dasar itu saya menyayangkan perilaku kebanyakan orang yang terlalu cepat memvonis seseorang dan menjadikannya bahan lelucon.

Belajar dari Sidang Kasus Pembunuhan Mirna


Sidang Kasus Pembunuhan Mirna yang sudah berlangsung 10 bulan ini telah menyita perhatian banyak orang. Stasiun Televisi pun ramai-ramai memberitakannya. Bahkan beberapa di antaranya menayangkan siaran langsung persidangan kasus pembunuhan Mirna.

Saya sesekali mengikuti siaran langsung persidangan dan diskusi yang terkait dengan kasus yang dihadapi Jessica. cukup banyak pelajaran yang saya dapat dari sana, saya belajar tentang bukti dan alat bukti , saksi-saksi yang perlu dihadirkan dalam persidangan, dan pengamatan psikologi seseorang. Pelajaran yang lain ada banyak, tapi tiga hal itulah yang paling saya perhatikan.



EmoticonEmoticon