Monday, October 17, 2016

kenaikan persepsi positif terhadap partai politik dalam beberapa tahun terakhir.







Grafik di atas adalah kutipan dari akun twitter @hariankompas . Grafik tersebut menunjukkan adanya kenaikan persepsi positif terhadap partai politik. Bagi saya hal ini cukup menggembirakan, kenaikan ini memberi saya harapan bahwa hal ini akan diikuti dengan semakin banyaknya orang baik yang turun tangan dalam politik. 

Politik sejatinya adalah sebuah arena perjuangan terhormat. Nama-nama besar seperti Soekarno, Hatta dan Natsir menjadikan politik sebagai wadah pembentukan karakter mereka sejak usia belia untuk tujuan mulia bagi Indonesia, Merdeka. Terbukti Bung Karno telah mendirikan Partai Nasional Indonesia di umur 26 tahun dan Bung Hatta menjadi ketua Perhimpunan Indonesia di Belanda pada umur 19 tahun. Politik saat itu diisi oleh negarawan yang memikirkan generasi yang akan datang, bukan sekedar politisi yang berpikir cara memenangkan pemilu mendatang. http://turuntangan.org/gerakan/kelas-negarawan-muda
Turun tangan dalam perbaikan politik di Indonesia menurut saya tidak mesti bergabung dengan partai politik. Banyak peran yang bisa kita ambil. Salah satunya adalah peran pendidik politik bagi masyarakat. Partai politik saat ini saya rasa tidak cukup mampu memberikan pendidikan politik yang baik bagi masyarakat. bahkan dengan adanya money politik, partai politik cenderung melakukan pembodohan terhadap masyarakat.

Di tulisan berikutnya, saya berharap bisa memaparkan lebih lengkap mengenai peran penting pengawas pemilu, KPU, dan pemantau. saran dan diskusi dengan rekan-rekan sangat saya harapkan untuk memperkaya bahan tulisan saya.


EmoticonEmoticon