Wednesday, February 8, 2012

Chrome for Android Sudah Bisa Diunduh


Akhirnya Google meluncurkan browserChrome for Android Beta. Anda sudah bisa mengunduhnya di Android Market. Hanya saja browser besutan Google tersebut sementara ini hanya untuk tablet dan smartphone yang menjalankan Android 4.0 atau Ice Cream Sandwich.


Banyak pengguna smartphone maupun tablet sekarang yang menggunakan Browser, yaitu browser bawaan Android. Di samping itu sebagian juga menggunakan browser dari pihak ketiga yaitu Dolphin dan Opera.


Chrome untuk desktop saat ini sudah terkenal dengan kecepatannya. Apakah Chrome for Android juga memiliki kelebihan itu? "Seperti pada versi desktop, Chrome for Android Beta difokuskan pada kecepatan dan kesederhanaan," kata Sundar Pichai, Google's Senior VP of Chrome and Apps.

Chrome for Android juga menggunakan engine JavaScript yang sama dengan yang digunakan pada versi desktop. Selain itu, menurut Pichai, Chrome for Android ini memiliki fitur sinkronisasi (sync) dengan Chrome yang Anda gunakan di desktop atau notebook.


Chrome for Android dikembangkan dari awal, bukan sekedar porting dari versi desktop. Sehingga, menurut Pichai, tampilannya akan serasi pada layar kecil smartphone atau layar tablet. Tab juga didesain ulang sehingga pengguna dapat beralih di antara tab dengan cara men-swipe layar, di mana setiap tab menampilkan satu website. Bookmark dan tab dapat disinkronisasi dengan Chrome desktop.


Mengenai privasi, menurut Pichai, sudah dipikirkan sejak awal. Misalnya pada Chrome for Android ada mode "penyamaran" untuk private browsing. Menunya pun mudah diakses, yaitu dengan tap Setting kemudian Privacy.


Seperti pada Chrome desktop, Chrome for Android tidak mendukung Flash Player. Untuk sementara ini, Chrome extensions juga belum didukungnya.

Sumber : infokomputer.com


EmoticonEmoticon